SEMOGA MEMBAWA MANFAAT

Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics     Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics

Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics     Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics     Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics

 

love life dividers pink divider roses comments

 

Flames Pictures Fire Pictures Lamps clipart blogger myspace hi5 templates banners

free animated website at tripod.com



Tuesday, March 24, 2009

TIPS KECERDASAN EMOSIONAL BALITA



Kecerdasan emosi memegang peran yang sangat penting dalam kesempurnaan perkembangan anak, selain kecerdasan intelektual. Kecerdasan intelektual tanpa iringan kecerdasan emosional membuat anak rentan menghadapi hidup dan kariernya kelak.  Padahal kecerdasan intelegensi tidaklah cukup bisa menjamin karier masa depan anak jika tak diimbangi dengan kecerdasan emosi dan spiritual. Anak selain tidak bisa bersosialisasi juga kurang bisa mengendalikan emosinya bila menghadapi masalah.

Kecerdasan Emosi di dalam Multiple Inteligensia masuk kedalam kecerdasan Interpersonal dan kecerdasan Intrapersonal, dua kecerdasan ini sangatlah penting karena sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Kecerdasan yang lebih tinggi lagi diatas dua kecerdasan ini adalah kecerdasan spiritual. Kalau dua kecerdasan sebelumnya akan memberikan kesuksesan diri pribadi maka kecerdasan Spiritual akan membawa seseorang untuk memberikan kesuksesan bagi orang lain.Pengalaman berupa sentuhan yang hangat, dekapan, belaian, senandung lagu-lagu yang merdu atau aneka warna benda-benda yang bisa dilihat di sekelilingnya sangat bermakna bagi perkembangan jiwanya.

Pengalaman saya mengarahkan buah hati dalam mengasah kecerdasan emosionalnya yaitu dengan memberikan stimulan kegiatan yang anakku "ARINANDA" sukai. Dengan usia yang hampir menginjak 5 tahun, berat badan 36 kg dan tinggi 140 cm dan aktifitas sensorik dan motorik yang berlebihan membuat saya tergerak untuk mengarahkan dia mengikuti kursus musik DRUM yang sesuai dengan kesukaannya memukul, tenaga yang berlebihan dan senang dengan lagu serta waktu kursus yang fleksibel. Dengan harapan mengenalkan seni musik sejak dini, anakku dapat memandang dunia lebih indah.

Adapun konsekuensinya saya sebagai ibu :

1. meluangkan waktu khusus minimal 1 jam menemaninya waktu kursus agar anak merasakan       perhatian saya.  

2. mengevaluasi dan mengkontrol emosinya saat masa bosannya muncul saat kursus.

3. memberikan kegiatan pendamping yang anakku suka saat kursus seperti mewarnai dan        

    mendengarkan musik atau bermain game dan memotret/fotografer.

4. berusaha tidak memaksa atau memarahinya saat anak benar-benar merasa bosan dan ingin segera pulang. 

5. tetap mengarahkan dan menanyakan apa yang anak rasakan saat itu. dan mencari solusi dengan penuh kebersamaan.

Bersyukur dengan mengikuti kursus dan memiliki DRUM sendiri, anak belajar terarah dan mengerti bertanggungjawab akan miliknya, Nandaku lebih banyak menghabiskan waktunya bersama teman-temanya di rumah.  

No comments:

Post a Comment