SEMOGA MEMBAWA MANFAAT

Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics     Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics

Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics     Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics     Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics

 

love life dividers pink divider roses comments

 

Flames Pictures Fire Pictures Lamps clipart blogger myspace hi5 templates banners

free animated website at tripod.com



Tuesday, March 24, 2009

MERAWAT TALI PUSAT BAYI



Beberapa detik setelah lahir, tali pusat yang terhubung dengan ari-ari akan dipotong, sehingga tali pusat yang melekat di pusat bayi tersisa sepanjang kurang lebih tiga sentimeter.


  • Dalam keadaan normal, tali pusat akan pupus dengan sendirinya dalam waktu lima sampai tujuh hari. Tapi dalam beberapa kasus bisa sampai dua minggu.


    Berikut beberapa tips untuk merawat tali pusat :

  • Saat memandikan bayi, usahakan tidak menarik talipusat. Membersihkan tali pusat saat bayi tidak dalam air bak. Hindari waktu lama bayi di air yang menyebabkan  kondisi bayi hypotermi (suhu tubuh rendah/kedinginan)
  • Setelah mandi, utamakan mengerjakan perawatan tali pusat sebelum mengolesi bayi dengan minyak dan bedak.
  • Perawatan sehari-hari cukup di bungkus dengan kasa steril kering tanpa diolesi dengan alkohol 70%. Jangan pakai betadine, karena yodium yang dikandung betadine dapat masuk ke peredaran darah bayi dan menyebabkan gangguan pertumbuhan kelenjar gondok.
  • Jangan mengolesi tali pusat dengan ramuan atau menaburi bedak, karena dapat menjadi media yang baik bagi tumbuhnya kuman, termasuk kuman tetanus.
  • Hari ke 7 biasanya tali pusat mengering dan berwarna kehitaman, dan di pangkal yang melekat pada bayi, tali pusat terlihat sebagian terlepas. 
  • Tetaplah rawat dengan menutupnya menggunakan kasa steril yang masih terlipat cukup diletak diatasnya kemudian tetaplah menggunakan gurita bayi untuk membantu menahan kasa seteril penutup tali pusat bayi yang akan lepas.
  • Hari kemudian jika lepasnya telah sempurna, selama 1-2 hari tetap gunakan kasa steril untuk menutupnya hingga keringnya sempurna pula.

KENALI GEJALA INFEKSI TALI PUSAT BAYI

  1. Bayi anda gelisah dan rewel.
  2. Ada tanda kemerahan di sekitar pangkal tali pusat dan perut bayi.
  3. Berbau dan mengeluarkan nanah.
  4. Disertai suhu tubu bayi yang meningkat (hangat/panas).
  5. Tetaplah dirawat dengan mengganti kasa steril kering penutupnya.
  6. SEGERA !! bawa dan konsultasikan bayi ke tenaga kesehatan (bidan / dokter) terdekat.



No comments:

Post a Comment